Selasa, 14 Maret 2017

Mengenal Cara Kerja Matik CVT di Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage ada 2 opsi transmisi. Perdana manual yang cuma terdapat di berjenis GLX, serta ke-2 transmisi automatis atau matik CVT (Continuously Variable Transmission) yang ada di semuanya berjenis terkecuali GLX. Sebelumnya bagaimana caranya kerja matik CVT di Mirage ini? 



SUV and MPV Dukungan Section Service Departement PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Firdian Nurhidayat menerangkan, selanjutnya tuas transmisi di Mirage matik ini saat mobil jalan ada di tempat D (Drive) serta terdapat tempat B (Brake). 


Menurut dia, langkah kerja besutan tempat D ke B itu kepada engine break atau dapat dipakai selanjutnya waktu jalanan yang menanjak atau alami penurunan. Mengapa? Sebab istirahnya turun 1 level besutan tempat D. 

" Saat diposisi D pindahkan segera saja ke B, itu automatis levelnya bakal turun 1. Sepanjang di tempat B bakal misal itu. Sesudah jalanan normal sekali lagi anyar dapat segera dipindahkan ke D sekali lagi, " papar Firdian di Rest Ruang Km 97 Tol Cipularang, Jawa Barat, Jumat (23/1/2015). 

Ia pula menerangkan mekanisme engine break besutan tempat D ke B itu misal apa. Menurut dia, saat dipindahkan besutan D ke B, ECU (Electronic Control Unit/otaknya mobil) bakal memberi perintah, maka berlangsung misal engine brake. 

" Bila di CVT itu namanya terdapat liquid di dalamnya, mekanismenya itu terdapat valve (katup) yang bekerja. Umpamanya terdapat perintah besutan ECU, katup bakal tutup maka RPM-nya tak dapat menyentuh limit demikian maka ada desakan misal engine brake, " jelasnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar